Friday, November 6, 2015

Arm strength test pada kursi dan bench

Bahasan saya kali ini adalah uji kekuatan pada sandaran tangan (ARM STRENGTH TEST) pada produk furniture yang berupa kursi dan bench (kursi panjang) yang memiliki sandaran tangan. Alasan kenapa pengujian ini perlu dilakukan adalah adakalanya pada kursi yang memiliki desain dengan memakai sandaran tangan pada saat digunakan oleh konsumen, sandaran ini seringkali juga diduduki oleh konsumen walaupun secara kuantitas tidak sering dilakukan. Namun perlu diketahui semua produk harus memiliki kekuatan dan keamanan bagi pemakainya.
Arm strengh test pada side chair

Karena itu bagi departemen RnD dan QC pengujian ini perlu dilakukan saat pre production dan juga pada saat production. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas barang agar memenuhi standard safety (keamanan) dari konsumen atau buyer.

Test atau pengujian ini sangat mudah dilakukan yakni dengan memberi beban pada sandaran tangan baik pada sisi kanan dan kiri dengan selang waktu yang telah ditetapkan, yakni 24 jam untuk test pabrikan dan 1 jam untuk in house test pada saat final check. Beban yang diberikan berupa kantong berisi pasir dan besi cor dengan berat yang telah ditentukan sesuai standard yang ada, penulis biasanya memakai beban 110 lbs atau pons.

Arm strength test pada adirondack chair
Produk yang baik setelah pengujian ini dilakukan tidak terjadi kerusakan pada komponen yang diberi beban dan komponen produk secara keseluruhan.

No comments: