Thursday, November 5, 2015

Inspeksi Foto Frame atau Pigora Foto

Tidak banyak yang tahu bahwa bingkai foto di rumah kita tempat untuk menaruh momen momen terindah hidup kita sebenarnya mengalami proses produksi yang panjang. Ada dua jenis pigora foto yakni yang digantung dan ditaruh diatas meja, bahasa kerennya WALL DECOR (pigora gantung) dan TABLE TOP (pigora meja).

Proses produksi sebenarnya sangat sederhana yakni pembuatan profil atau bingkai, pemotongan bingkai, proses perakitan, dan proses pengecatan bila ada. Untuk skala pabrikan berikut adalah beberapa proses pengecekan pigura foto yang harus dilakukan:
1. Pengecekan ukuran kaca, tebal kaca untuk pigura beragam namun untuk produk eksport tebal kaca yang biasa dipakai adalah 1.8 -2 mm.

Pengecekan ketebalan kaca

2. Pengecekan MC pada profil frame yang terbuat dari kayu atau MDF, dan pada baking (bagian penutup) belakang.

Pengecekan MC kayu
3. Untuk pigura meja dilakukan tipping test dengan cara memegang salah satu sisi atas pigura lalu ditekan hingga membentuk sudut 15 derajat kemudian jatuhkan, pigura yang memiliki konstruksi yang benar akan tidak jatuh setelah di tipping.

Tipping test

4. Pengecekan konstruksi dalam yakni, mudah atau tidak bagian baking dibuka oleh konsumen.
Pengecekan konstruksi dalam
Semoga artikel saya bermanfaat bagi anda.


4 comments:

Unknown said...

Face Paper di Frame nya sama seperti Face Paper di tempat saya bekerja :)

Catatan Kaki QC said...

Kebetulan aja mungkin Mbak Iin, mbaknya tinggal di seputaran Tangerang ya

Unknown said...

Lho kok tau saya tinggal di Tangerang Pak? Kalau di pabrik kami, frame yang di foto itu namanya Lisbon Mini.

Catatan Kaki QC said...

Iya dari dashboard Blog saya bisa ketahuan, senang ada yang komen posting saya. Thanks sudah membaca Blog saya