Saturday, November 7, 2015

Container Inspection (Inspeksi Kontainer)

Saya pernah mengalami hal yang sangat tidak mengenakkan sebagai seorang Quality Control yakni mendapat klaim dari buyer. Klaim tersebut karena barang yang terkirim kesana karton boxnya basah karena kontainer yang dipakai ternyata di beberapa bagiannya bocor. Terutama di bagian pojok pojok kontainer.




Mengapa kebocoran kontainer bisa terjadi? Hal ini sebenarnya wajar terjadi, apabila usia kontainer sendiri sudah tidak muda lagi, otomatis di beberapa bagian nya akan mengalami proses karat. Ini dikarenakan kontainer mengalami proses perjalanan yang panjang terutama proses perjalanan di laut di lambung kapal. Terkena air karena hujan dan hempasan ombak dan air laut bisa jadi penyebab utama badan kontainer berkarat.

Bagaimana cara untuk melakukan inspeksi kontainer ternyata sangat mudah, siapkan saja selang air yang panjang dan tentu saja keran air, naik ke atas badan kontainer dan guyurkan air secara merata ke bagian atas kontainer. Setelah air rata mengguyur bagian atas kontainer, segera masuk ke dalam kontainer, kalau kontainer berada di ruang terbuka tutup pintu kontainer dan hanya sisakan sedikit bagian terbuka hingga sinar matahari hanya sedikit yang masuk. Kemudian cek ke dalam terutama langit langit kontainer, adakah air yang menetes atau yang paling ekstrem jika ada kebocoran besar akan ada cahaya atau sinar matahari yang masuk melewati lubang yang bocor tersebut.

Oh ya, jangan lupa untuk menambahkan dry pack yang digantung di dinding kontainer dengan jumlah 6 pc untuk kontainer 20 ft, dan antara 10-12pc untuk 40 ft dan high cube. Serta cek juga MC lantai kontainer, saya sendiri memakai batasan tertinggi untuk MC sebesar 30% dengan setting kayu memakai kayu keras seperti Merbau. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. 

2 comments:

indigo super said...

thanks kk informasinya, boleh tau nama penulis kk?

indigo super said...

thanks kk informasinya, boleh tau nama penulis kk?