Thursday, October 29, 2015

Berapa Gaji QC

Sekedar sharing saja, rate gaji 3rd party agent, seorang QC junior bisa digaji sebesar 5-7 juta per bulan, senior QC 8-11 juta per bulan, supervisor QC 11-15 juta per bulan, ast Manager QC 15-20 juta per bulan, Manager QC 20-30 juta per bulan. Menggiurkan bukan dan tentunya tidak kalah dengan profesi profesi yang lain.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan quality testing services atau trading buyer yang bisa anda coba untuk melamar, secara umum biasanya qc terbagi atas dua yakni softline (garment dan tekstil) serta hardline (furniture, elektronik, dll).
Lokal: Sucofindo, surveyor indonesia, dll
PMA: BV (bureau veritas), Intertek, CTL, TUV NORD, William E Connor, Li&Fung, BUT, Asia Inspection, Steinhoff, Target Sourcing, Walmart Global Sourcing, IKEA, 
Buyer represent office khusus furniture: William Sonoma, DMI, BASSET furniture, Bernhardt furniture, dll. 

Memang untuk sampai ke tahap atas tentunya membutuhkan waktu dan perjuangan extra, namun bagi yang tidak ingin terikat kerja dengan satu perusahaan tertentu tentunya jalur freelance inspector adalah alternatif terbaik. Namun ini tentunya membutuhkan perjuangan yang tidak kalah keras, karena sangat sulit untuk mendapatkan klien dan kepercayaan (trust) dari klien tentunya.

Belum banyak yang terjun ke dalam dunia freelance inspeksi ini, namun menurut pengamatan saya dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun ke depan justru jalur ini yang lebih menjajikan daripada bekerja di satu 3rd party agen tertentu. Saya berharap tebakan saya ini benar adanya.

No comments: