Thursday, October 29, 2015

Prosedur QC untuk Inspeksi

Setiap proses produksi tentunya memiliki alur yang harus diikuti agar proses produksi bisa berjalan dengan baik. Berikut adalah prosedur pengecekan yang harus dilakukan oleh qc secara umum :

1. Inspeksi packaging
Inspeksi yang dilakukan berkaitan dengan packaging produk, semisal,nomer PO, ukuran karton box, marking, berat karton, kondisi karton, dll.

2. Inspeksi fungsional
Inspeksi yang dilakukan berkaitan dengan fungsi dasar sebuah produk, semisal produk meja makan yang bersifat knock down, apakah meja tersebut bisa dirakit dengan mudah oleh konsumen atau tidak, lengkap atau tidak komponen komponen dasar meja tersebut.

3. Inspeksi visual
Inspeksi yang dilakukan berkaitan dengan segala sesuatu yang bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh konsumen. Semisal produk pakaian, apakah ada jahitan yang lepas, apa ada kain yang sobek, apakah terlihat ada kotoran pada pakaian tersebut, dll.

4. Inspeksi ukuran
Inspeksi yang dilakukan berkaitan dengan ukuran produk, semisal sepatu apakah ukuran sepatu hasil produksi sesuai dengan standard yang ditentukan.


Dengan menjalankan setiap proses diatas maka barang yang dihasilkan akan memenuhi standard yang ditetapkan, dengan demikian ke depan klaim dari konsumen dapat dikurangi jumlahnya.




No comments: