Friday, October 30, 2015

Leg Strength Test untuk Furniture

Kali ini saya akan memberi contoh bagaimana produk furniture khususnya kursi dan meja akan diuji kekuatan kakinya (LEG STRENGTH TEST FURNITURE). Mengapa hal ini perlu dilakukan, tentu saja karena produk tersebut akan dipakai oleh konsumen setiap harinya. Apalagi untuk kursi yang mendapat beban dari tubuh manusia setiap harinya, walaupun waktu penggunaannya tidak terlalu lama. Berbeda dengan meja bisa saja meja makan, meja ruang tamu, dll. Meja tidak mendapat tekanan yang terlalu berarti dibanding kursi.

Produk furniture
Karena itu beban yang digunakan tentu saja berbeda antara meja dan kursi namun prosedur dan lama pengujian adalah sama. Beban yang digunakan untuk kursi adalah 75 lbs atau pons, sedangkan untuk meja adalah 50 lbs atau pons, dengan jarak pengujian dari ujung kaki adalah 1 inch dengan selang waktu 1 menit.
Leg strength test pada kursi

Leg strength test pada meja

Leg strength test pada kursi

Karena itu untuk meja dan kursi yang akan diuji dan berjenis KD knock down lebih baik dikencangkan dulu mur dan bautnya agar proses pengujian bisa berjalan dengan baik. Beban yang biasa digunakan adalah besi cor yang telah diukur beratnya. Siapkan meja atau kursi dan posisikan agar beban dapat tergantung sempurna. Jangan lupa siapkan juga stopwatch untuk menghitung waktu pengetesan.

Setelah pengecekan berlangsung produk yang baik seharusnya tidak terjadi kerusakan pada sambungan dan material kaki.  

No comments: