Thursday, October 29, 2015

Cross Cut Test pada aplikasi coating

Untuk mengetahui apakah aplikasi coating atau pengecatan menempel dengan baik pada produk ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk mengujinya, yakni dengan hardness test dan cross cut test.

Kali ini terlebih dahulu saya akan membahas cross cut test, test ini bisa kita lakukan dengan menggunakan alat atau tester pabrikan dan dengan menggunakan alat yang cukup sederhana yakni mistar dan cutter. Caranya buat garis garis lurus vertikal dan horisontal dengan menggunakan cutter atau silet yang tajam hingga membentuk kotak dengan jumlah 25 buah. Dimana jarak antar garis yang kita buat 1 s/d 2 mm. Lihat gambar dibawah ini.

Goresan pada lapisan coating yang hendak diuji

Setelah itu tutup permukaan hasil goresan cutter tersebut dengan isolasi atau tape khusus biasanya 3M atau kalo terpaksa bisa menggunakan isolasi biasa namun yang memiliki kerekatan yang tinggi. Gosok gosok permukaan isolasi hingga menempel erat kemudian secara serentak tarik isolasi tersebut. Kemudian lihat hasilnya dan bandingkan dengan gambar dibawah ini:

Standard prosentase lapisan coating yang terkelupas setelah di test

Sejauh pengalaman saya, kita masih bisa menerima hasil coating pada level 3B yakni sekitar 5 sampai 15 % cat yang terkelupas, namun jika didapat hasil yang lebih rendah dari itu sebaiknya dilakukan proses pengecatan ulang.


No comments: